Cerita Unik Dibalik Terciptanya Kue Donat yang Memiliki Varian Dari Berbagai Belahan Dunia

Cerita Unik Dibalik Terciptanya Kue Donat yang Memiliki Varian Dari Berbagai Belahan Dunia.

Siapa yang tidak mengenal kue donat?, ya roti manis yang memiliki rasa lezat dan terdiri dari bermacam topping ini merupakan makanan yang disukai oleh semua golongan usia. Popularitas tersebut dapat dilihat dari banyaknya toko kue donat yang dapat ditemukan disetiap mal, stasiun, sampai sudut-sudut jalan di seluruh penjuru negeri. Kue yang berciri khas dengan lubang ditengahnya ini ternyata sudah ada sejak abad 19. Hal tersebut karena Agen Togel Online Hanson Gregory, Pegadang asal Amerika mengakui bahwa ia adalah pencetus donat berbentu cincin di tahun 1847.

Gregory mengklaim memakan ‘roti goreng’ selamat melaut dan tak bahagia di bagian tengahnya yang tidak matang. Karena itu ia membuang dan melubangi bagian tengah adonan, sejak saat itulah donat identik dibuat dengan lubang ditengahnya. Hal ini juga diakui oleh masyarakat sekarang yang mengakui bahwa ide membuat lubang di tengahnya merupakan ide yang bagus dan logis. Ya walaupun sebenarnya tidak ada satupun dari buku masak pada akhir abad ke-19 yang mengatakan bahwa membuat donat wajib membuat lubang ditengahnya.

Tapi tetap saja teknik membuat lubang ditengah donat memang cocok agar hasil menggoreng dapat lebih bagus. Apabila tak dilubangi tengahnya, donat bisa lebih sulit matang merata. Lantaran bagian kue akan lebih cepat masak dibandingkan bagian tenganhya. Sehingga dapat bisa dikatakan bahwa membuat lubang ditengahnya kue donat merupakan teknik untuk menghindari bagian yang masih mentah.

Pada masa Perang Dunia I, donut mulai diproduksi secara manual. Pembuat donat dijaman tersebut disebut “Donut Girls” dari Salvation Army yang bertugas untuk menyediakan donat sebagai konsumsi para perajurit perang masa itu. Di masa ini juga, banyak orang amerika menjadikan donat sebagai menu sarapan dan hal tersebut dimanfaatkan sebagai peluang bisnis oleh Adolp Levitt yang merupakan seorang imigran Yahudi. Lantaran banyaknya pesanan terhadap donat dan pembuatan secara manual tergolong lambat, diciptakanlah mesin pembuat kue donat pertama yang bisa menghasilkan donat dengan kecepatan yang tinggi.

Levitt berhasil menciptakan mesin yang dapat menghasilkan 80 donat/jam dan semua bentuknya pun identik. Untuk masa ini pun, donat cukup murah sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang sebagai pilihan menu sarapan yang nikmat, praktis, dan ringan. Hal ini juga mengapa sampai saat ini, pasar donat sangat stabil dan tidak pernah menurun. Walaupun secara umum pembuatan donat di dunia dilaksanakan dengan cara digoreng. Namun ada juga varian donat dengan bentuk yang berbeda seperti layaknya donat, ini anda lihat varian donat darbagai belagan dunia. Apa saja itu? simak langsung yuk

Barliner Pfannkuchen

Barliner Pfannkuchen merupakan roti tradisional Jerman yang hampir sama bentuknya dengan donat, akan tetapi tanpa lubang tengah. Roti ini juga seringkali didalamnya diisi dengan macam jenis selai, moka, mustad, atau tanpa isi. Tidak kurang, diatasnya juga ditaburi dengan icing, gula bubuk atau gula pasir.

Barliner Pfannkuchen

Pączki

Bentuk kue yang berasal dari Polandia ini memliki bentuk uniknya sendiri, karena bentuknya lebih slim. Kue tersebut juga dapat diisi dengan bermacan-maam isian manis seperti strawberry, apel, blue berry, raspberry, dah macam selai lainnya. Untuk bagian luar Pączki juga biasanya ditaburi bubuk gula, parutan kulit jeruk, glasir, lapisan gula, dan bahan lainnya. Roti ini lebih unik lantaran adonan Pączki ditambah sedikit alkohol.

Pączki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *